Home / Tokico Flow Meter / Panduan Cara Mengganti Tokico Flow Meter Step by Step

article Panduan Cara Mengganti Tokico Flow Meter Step by Step cover image

Panduan Cara Mengganti Tokico Flow Meter Step by Step

cara mengganti Tokico Flow Meter

Freepik/pvproductions

Deskripsi: flow meter yang terpasang di sebuah pipa

 

Flow meter adalah komponen vital dalam banyak sistem industri dan domestik. Alat ini memungkinkan pengukuran akurat dari aliran fluida, baik itu cairan ringan maupun berat. Namun, ada kalanya Anda perlu mengganti flow meter yang sudah ada karena perbaikan, upgrade, atau perawatan rutin. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara mengganti Tokico flow meter dengan mudah dan aman.

 

Panduan Praktis Cara Mengganti Tokico Flow Meter
 jasa perakitan Tokico Flow Meter

Freepik/racool_studio

Deskripsi: peralatan yang mungkin dibutuhkan dalam proses penggantian flow meter

 

Flow meter tersedia dalam berbagai jenis dan model. Dari perbedaan jenis dan model ini memungkinkan adanya cara penggantian yang berbeda-beda pula. Namun, secara umum, Anda bisa mengikuti langkah-langkah cara mengganti flow meter berikut.

 

Persiapan dan Peralatan


Langkah pertama, persiapkan terlebih dahulu flow meter yang baru dan peralatan yang mungkin Anda perlukan dalam proses penggantian.

Lebih jelas, persiapkan hal-hal berikut.

 

- Flow meter yang baru.
- Kunci pas, tang, atau alat khusus lainnya sesuai kebutuhan.
- Sealant atau teflon tape (jika diperlukan).
- Pelumas atau cairan pembersih (jika diperlukan).
- Sarung tangan dan kacamata pelindung.


Umumnya, di setiap peralatan memiliki buku instruksi manual. Dari buku ini, Anda bisa memperkirakan peralatan apa saja yang mungkin Anda butuhkan sewaktu penggantian.

 

Selain itu, baca dan pahami terlebih dahulu apa yang tertera di dalam buku manual. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui instruksi khusus terkait cara pemasangan dan pengaturan pada flow meter yang baru.

 

Begitu persiapan Anda sudah selesai, matikan pompa atau katup utama yang mengalirkan fluida ke flow meter. Pastikan tidak ada aliran yang tersisa di dalam flow meter.

 

Selanjutnya, persiapkan area kerja dengan baik agar aman dan nyaman untuk bekerja.

 

Lepaskan Flow Meter Lama


Setelah memastikan aliran fluida mati. Pahami lokasi terpasangnya flow meter  dan cara koneksi ke dalam sistem. Lokasi dan koneksi ini bisa berbeda tergantung pada aplikasi juga jenis sistem yang Anda miliki.

 

Kemudian, mulailah dengan hati-hati saat melepaskan koneksi flow meter yang lama yang ingin Anda ganti. Lepaskan terlebih dahulu baut yang menghubungkan flow meter ke pipa.

 

Gunakan alat yang tepat dan pastikan untuk menghindari kerusakan pada pipa atau komponen lainnya. Seperti menggunakan kunci inggris untuk melonggarkan sambungan pipa.

 

Setelah longgar, mulai tarik perlahan flow meter untuk melepasnya dari instalasi.

 

Pasang Tokico Flow Meter yang Baru


Begitu terlepas, saatnya untuk melakukan instalasi Tokico Flow Meter yang baru. Namun, sebelum memasang, periksalah apakah flow meter baru kompatibel dengan sistem Anda.

 

Kemudian, pasang flow meter yang baru dengan hati-hati sesuai dengan instruksi produsen. Pastikan semua koneksi terpasang dengan benar juga aman. Gunakan sealant atau teflon tape jika diperlukan untuk memastikan koneksi kedap udara.

 

Uji Sistem


Setelah instalasi selesai, periksa kembali semua koneksi untuk memastikan tidak ada kebocoran atau kesalahan pemasangan.

Kemudian, hidupkan kembali aliran fluida dan uji flow meter yang baru untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Periksa lagi apakah ada kebocoran atau masalah lain yang mungkin timbul begitu aliran fluida kembali mengalir.

 

Pengaturan Tambahan


Beberapa jenis flow meter mungkin memerlukan pengaturan tambahan atau kalibrasi setelah pemasangan. Pastikan untuk melakukan langkah-langkah ini sesuai dengan instruksi manual.

 

Maintenance Rutin


Setelah mengganti flow meter, penting untuk melakukan pemeliharaan rutin sesuai dengan petunjuk produsen. Ini mungkin termasuk pembersihan berkala, kalibrasi, atau perawatan lainnya untuk memastikan kinerja yang optimal dari flow meter Anda.

 

Terakhir, simpan manual pengguna dan dokumen terkait dengan Tokico Flow Meter Anda untuk referensi di masa mendatang apabila terjadi hal-hal tidak terduga.

 

Mengganti flow meter bisa menjadi pekerjaan yang cukup mudah jika Anda mengikuti langkah-langkah cara mengganti Tokico Flow Meter di atas dengan hati-hati dan teliti.

 

Namun, jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak yakin, lebih baik mendapatkan bantuan dari teknisi terlatih atau profesional yang berkualifikasi. Hal ini agar terhindar dari risiko kesalahan instalasi.

 

Apalagi PT Badja Abadi Sentosa selaku distributor tunggal dan resmi Tokico juga memiliki layanan jasa perakitan Tokico Flow Meter. Hal ini tentu lebih menguntungkan Anda daripada memasangnya sendiri dengan penuh keraguan.

 

Dengan perawatan yang tepat, flow meter yang baru akan memberikan pengukuran yang akurat dan andal untuk waktu yang lama.