Home / PT Badja Abadi Sentosa / Kebutuhan Perangkat Flow Meter Bensin di Stasiun Distribusi Komersial

article Kebutuhan Perangkat Flow Meter Bensin di Stasiun Distribusi Komersial cover image

Kebutuhan Perangkat Flow Meter Bensin di Stasiun Distribusi Komersial

Bensin menjadi salah satu bahan bakar minyak yang paling umum digunakan karena harga yang cukup murah sekaligus memiliki toleransi emisi gas buang yang cukup baik. Karena alasan itulah salah satu varian bahan bakar minyak ini banyak dijual dan dibutuhkan. Perangkat flow meter bensin dalam instalasi BBM komersial merupakan salah satu kebutuhan yang penting. Perangkat tersebut memiliki fungsi spesifik yang berkaitan dengan distribusi hingga pengawasan volume bensin yang dikeluarkan.

 

Peran Flow Meter Minyak Bensin dalam Instalasi Distribusi BBM

 

Bahan bakar merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia modern. Ada begitu banyak alat pendukung aktivitas sehari – hari yang membutuhkan bahan bakar yang berasal dari minyak bumi seperti bensin. Sebuah alasan cukup mendasar yang menyebabkan ada aktivitas ekonomi untuk melakukan distribusi dan jual beli bahan bakar.

Pada sebuah instalasi distribusi bahan bakar yang bersifat komersial, ada beberapa hal penting yang menjadi kebutuhan bagi pengelolanya. Salah satunya adalah kebutuhan untuk mengelola dan mengawasi volume bahan bakar yang didistribusikan serta memperhitungkan efisiensi dari aktivitas distribusi yang dilakukan.


Lihat Produk Kami : Tokico Serie FFL 

 

Mengingat instalasi tersebut bersifat komersial, faktor efisiensi dan ketepatan atau faktor presisi yang berkaitan dengan volume bahan bakar yang dikeluarkan menjadi sangat penting. Karena hal ini akan berkaitan dengan aliran pertukaran antara produk BBM yang dijual dan uang yang diperoleh. Efisiensi atau efektivitas yang tinggi dengan ketepatan volume yang baik akan berdampak pada besarnya keuntungan yang bisa diperoleh oleh pengelola.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Digital 3/4 Inchi Seri FGBB

 

Dengan kata lain, keuntungan yang bisa diperoleh dari aktivitas perdagangan BBM seperti bensin salah satunya dipengaruhi oleh kinerja alat berupa flow meter. Alat ini akan dipakai untuk beberapa keperluan mulai dari saat BBM dimasukkan ke dalam tangki penyimpanan dari tangki pengiriman, hingga proses distribusi BBM kepada konsumen yang dihitung dalam satuan volumenya.

 

Kebutuhan Flow Meter pada Instalasi Distribusi Komersial Bahan Bakar

 

Kebutuhan flow meter untuk kedua peran tersebut berbeda karena beberapa alasan. Alasan yang pertama adalah ukuran pipa atau saluran yang digunakan. Pipa yang dipakai untuk memindahkan BBM dari tangki pengangkut ke tangki penampungan di instalasi distribusi akan memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran pipa atau saluran yang digunakan untuk melakukan distribusi kepada konsumen. Artinya ada dua tipe flow meter berbeda yang dibutuhkan untuk dia proses pemindahan BBM tersebut.

 

Baca juga : Mengapa Flow Meter Sangat Penting Dalam Industri Bahan Bakar?

 

Alasan yang kedua ada tipe proses pemindahan BBM yang berbeda. Pada pemindahan BBM dari tangki pengangkut ke dalam tangki penyimpanan, BBM dialirkan hingga seluruhnya berpindah dari satu tangki ke tangki yang lain dengan volume yang besar.

Sedangkan pada saat dilakukan distribusi BBM pada konsumen, cairan bahan bakar didistribusikan sedikit demi sedikit sesuai volume yang diminta atau dibayar oleh konsumen. Proses transfer atau pemindahan yang berbeda ini setidaknya membutuhkan dua tipe flow meter bensin yang berbeda.