Home / Tokico Flow Meter / Mengenal Oil Flow Meter, Jenis-jenisnya & Tips Memilih yang Terbaik

article Mengenal Oil Flow Meter, Jenis-jenisnya & Tips Memilih yang Terbaik cover image

Mengenal Oil Flow Meter, Jenis-jenisnya & Tips Memilih yang Terbaik

oil flow meter


canva

Deskripsi: Flow meter digital Tokico untuk minyak

 

Di dalam industri pengolahan minyak, memilih peralatan yang berkualitas akan memberikan dampak positif pada perusahaan. Salah satu peralatan yang perlu mendapat perhatian oil flow meter.

 

Itu sebabnya Anda perlu mencari informasi terlebih dahulu tentang alat ini sebelum mengambil keputusan membeli. Lalu apa saja yang perlu Anda ketahui tentang oil flow meter?

 

Apa Itu Oil Flow Meter?
Hot oil flow meter 

 

freepik

Deskripsi: Cara kerja oil flow meter

 

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah apa yang dimaksud oil flow meter. Secara sederhana, oil flow meter adalah sebuat alat yang memiliki fungsi untuk melakukan penghitungan dan juga pengukuran jumlah atau volume minyak yang mengalir melalui alat ini.

 

Ada berbagai jenis minyak yang bisa dialirkan melalui alat ini, seperti:

 

- Bensin
- Solar
- Oli
- CPO (minyak kelapa sawit)


Selain beberapa jenis minyak yang di atas, alat ini juga bisa mengalirkan berbagai jenis minyak lainnya. Bahkan ada juga jenis hot oil flow meter yang mampu mengalirkan minyak dengan suhu hingga 1000C.

 

Jenis-Jenis Oil Flow Meter
 inline oil flow meter

 

SS tokicosolarflowmeter.com

Deskripsi: produk oil flow meter merek Tokico

 

Saat ini, ada berbagai jenis oil flow meter yang tersedia di pasaran. Tentu saja Anda harus bisa memilih sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan Anda.

Bila jenis minyak yang mau Anda kelola adalah solar, maka pilihlah alat yang spesifikasinya adalah untuk solar. Apa saja oil flow meter yang bisa menjadi pilihan. Secara umum, jenis-jenis oil flow meter yang bisa Anda pilih adalah:

 

1. Coriolis Flow Meter


Jenis ini merupakan alat yang masih menggunakan teknologi tahun 1950-an. Walaupun sudah tergolong sangat lama, tetapi teknologi dalam alat ini masih terbukti akurasinya bila Anda mempergunakannya untuk jenis cairan, seperti minyak.

 

2. Vortex Flow Meter


Flow Meter yang satu ini termasuk dalam golongan inline oil flow meter, yaitu alat yang mengukur jumlah minyak yang mengalir melalui meter. Alat ini bisa Anda pergunakan untuk berbagai jenis cairan lainnya.

 

3. Ultrasonic Flow Meter


Bila Anda membutuhkan alat yang perawatannya mudah, salah satu pilihannya adalah jenis ultrasonic flow meter. Selain karena perawatannya yang mudah, alat ini juga andal dengan daya tahan yang kuat dan tingkat akurasi yang tinggi.

 

4. Positive Displacement Flow Meter


Jenis ini memiliki berbagai pilihan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Kelebihannya adalah pengukuran berdasarkan volume minyak yang mengalir melalui alat ini secara langsung, tanpa melalui penghitungan konversi, Salah satu yang bisa Anda pilih adalah Tokico Oil Flow Meter Digital 1 ½ inch

 

5. Turbine Flow Meter


Jenis lainnya yang awet dalam penggunaan adalah jenis turbin. Bukan hanya awet, tingkat akurasinya juga tinggi dengan perawatan yang tergolong mudah.

 

Tips Memilih Oil Flow Meter Berkualitas

apa saja oil flow meter


pexels

Deskripsi: rangkaian peralatan di pabrik pengolahan minyak

 

Ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan ketika Anda hendak memilih oil flow meter yang berkualitas. Tujuannya, agar Anda mendapatkan manfaat terbaik ketika menggunakannya. Hal-hal yang harus menjadi pertimbangan yaitu:

 

1. Akurasi Alat


Sebagai sebuah alat yang berfungsi untuk mengukur, tentu saja semua alat flow meter memiliki akurasi yang baik. Tetapi pemilihan alat berdasarkan jenis minyak akan membantu untuk mendapatkan hasil akurasi yang maksimal.

 

2. Jenis Minyak dan Sifatnya


Setiap jenis minyak memiliki sifat yang berbeda-beda. Itu sebabnya sangat penting untuk mengetahui jenis minyak dan bagaimana sifatnya sehingga mempermudah dalam memilih alat yang sesuai.

 

3. Tingkat Kerapatan Minyak


Selain berdasarkan jenis dan sifatnya, kondisi minyak juga akan berpengaruh. Minyak yang kotor dan mengandung banyak gelembung tentu akan memberikan pengaruh.

 

4. Kapasitas Produksi


Besarnya kapasitas produksi tentu akan mempengaruhi keputusan dalam memilih jenis oil flow meter. Alat yang terlalu kecil sementara kapasitas produksinya besar, tentu akan berdampak kurang baik pada kinerja.

 

5. Kesesuaian Harga


Ketika menilai harga suatu alat, maka Anda harus juga memperhatikan beberapa faktor, seperti daya tahan dan akurasi. Alat yang terlihat murah tetapi cepat rusak tentu akan membuat biaya semakin besar.

 

Tokico, Rekomendasi Alat Oil Flow Meter Terbaik 
 apa yang dimaksud oil flow meter

 

SS tokicoflowmeterindonesia

Deskripsi: alat oil flow meter analog dari Tokico

 

Setelah mendapatkan berbagai informasi tentang flow meter untuk minyak, sekarang Anda bisa dengan lebih mudah menentukan merek terbaik dan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Bagi Anda yang sedang mencari fuel oil flow meter atau jenis lainnya, maka Tokico adalah merek terbaik yang memenuhi semua kriteria di atas, seperti:

 

- Menyediakan pilihan berbagai jenis alat yang sesuai dengan kebutuhan.
- Memiliki tingkat akurasi yang baik.
- Tersedia untuk berbagai jenis minyak.
- Harga sesuai dengan kualitas.


Jadi sekarang Anda sudah tahu merek apa yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan industri Anda. Tunggu apa lagi? Segera penuhi kebutuhan alat oil flow meter Anda dengan mengunjungi website kami di sini.