Home / Tokico Flow Meter / Apa itu Flow Meter Solar dan Bagaimana Cara Kerjanya?

article Apa itu Flow Meter Solar dan Bagaimana Cara Kerjanya? cover image
01 November 2022 Tokico Flow Meter

Apa itu Flow Meter Solar dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Zaman sekarang, tanpa Anda sadari flow meter sudah tersebar dan terpasang di berbagai rumah, gedung perkantoran maupun industri. Ada banyak jenis flow meter yang tersebar di pasaran, berdasarkan tempatnya mulai dari flow meter bensin atau flow meter spbu, dan dari jenis flow meter solar, dan lain sebagainya.

 

Alat ini sejatinya merupakan pengukur jumlah air, gas, atau material lainnya yang Anda butuhkan sehari-hari. Tidak heran kalau alat ini sangat penting untuk kebutuhan manusia terutama para pemilik perusahaan minyak dan gas dan pemasok peralatan industri. Lalu, apa sebenarnya alat ini?

 

Flow Meter Solar
 

 

Flow meter sendiri merupakan alat untuk mengetahui jumlah atau besaran yang terdapat pada aliran material yang berbentuk cairan, bubuk, dan juga udara. Alat ini mengukur berbagai aspek, mulai dari flow rate atau yang punya nama lain kecepatan aliran, hingga volume atau total massa dari material yang mengalir pada waktu tertentu.

 

Baca Juga : 6 Alasan Anda Harus Pakai Tokico Flow Meter Non Reset

 

Rata-rata orang menyebut alat ini sebagai pengukur aliran. Alat ini banyak Anda temukan mulai dari rumah tangga, bangunan perkantoran, bahkan bangunan industri. Maka yang disebut dengan Flow meter solar adalah alat yang memiliki peran menghitung aliran solar pada mesin. Pengukur aliran jenis ini kerap digunakan dalam sebuah industri. 

 

Fungsi Flow Meter Solar

 

Secara umum, flow meter memiliki fungsi sebagai berikut:

 

1. Mengukur aliran listrik. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol aliran elektronik yang masuk sehingga kebutuhannya lebih efisien.


2. Menghitung atau mengukur berbagai jenis aliran mulai dari air, gas, solar, bensin, dan lain sebagainya.


3. Untuk menentukan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan suatu proses pekerjaan. 


4. Alat ini dapat menghitung penghematan biaya produksi. Sama seperti sebelumnya, efisiensi juga berkaitan dengan penghematan biaya. 


5. Alat ini dapat mengantisipasi kerusakan suatu mesin produksi.


6. Untuk memudahkan Anda dalam proses pemantauan pengolahan limbah. Dengan menggunakan alat ini, Anda akan mendapat hasil optimal dalam penggunaan bahan-bahan kimia atau limbah lainnya. Sehingga biaya pengolahan bisa lebih efisien dan terpantau.


7. Untuk menentukan besaran heat energy di berbagai bangunan rumah maupun perkantoran yang menggunakan pemanas, AC, ataupun chiller.


Nah, untuk flow meter jenis solar sendiri memiliki fungsi tertentu. Alat ini akan banyak anda temukan tidak hanya di SPBU saja, melainkan pada produksi steam boiler, thermal oil manufaktur, dan juga burner pada drying untuk painting. Sesuai dengan namanya, fungsi utama dari pengukur aliran jenis ini adalah untuk mengukur cairan berbahan dasar solar.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Non-Fluctuation 8 Inchi Seri FFL

 

Masyarakat sering menyebut pengukur ini dengan fuel meter. Alat ini dapat mengukur berbagai cairan, mulai dari solar, fuel oil, heavy fuel oil, kerosin, dan juga medium fuel oil.  Namun, alat ini banyak digunakan untuk mengukur bahan bakar solar yang ada di stasiun pengisian bahan bakar terutama yang menyediakan bahan bakar Solar.

 

Cara Kerja Flow Meter Solar


Pengukur aliran jenis solar ini memang khusus menghitung debit solar.  Sederhananya, cara kerja pengukur aliran jenis solar ini mengukur aliran solar yang masuk kedalam pipa dan aliran solar ini akan masuk ke dalam pengukuran flow meter positive displacement yang nantinya hasil dari aliran solar ini akan muncul di tampilan flow meter. Hasil tampilan ini akan muncul berapa digit.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Non-Fluctuation 10 Inchi Seri FFL

 

Sebagai contoh flow meter SPBU yang dapat menghitung jumlah bahan bakar yang dikeluarkan dan akan keluar harganya.

 

Kelebihan Flow Meter Jenis Solar


Pengukur aliran solar punya banyak kelebihan. Apalagi untuk SPBU yang menyediakan bahan bakar solar.

Pertama, tentu saja dapat membantu Anda dalam menentukan biaya produksi. Dengan mengetahui jumlah debit solar yang akurat, Anda juga bisa menentukan biaya produksi secara tepat.

 

Kedua, pengukur aliran solar bisa membantu Anda agar pengisian tangki solar menjadi lebih transparan. Hal ini tentu untuk menghindari kecurangan saat pengisian. Alat ini akan membaca berapa banyaknya solar yang masuk dalam tangki. Selain itu, pengukur aliran solar juga bisa mencatat jumlah pemakaian solar pada mesin.

 

Kelebihan berikutnya adalah dapat mengecek sisa solar dalam tangki. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui berapa sisa solar dalam tangki hanya dengan memeriksa indikatornya, tanpa harus mengukur lagi volume solar dalam tangki.

 

Harga Flow Meter Solar


Harga Flow Meter jenis solar ini cukup beragam tergantung dari jenis dan merk-nya. Namun, untuk merk yang menjadi rekomendasi adalah Tokico karena memiliki tingkat akurasi yang paling mendekati akurat. Untuk mengetahui info lengkap mengenai distributor Tokico Flow Meter anda bisa mengunjungi website resmi Tokico Solar Flow Meter.

 

Peran Penting untuk Hitung Aliran Solar


Flow meter solar memiliki peran menghitung aliran solar pada mesin. Pengukur aliran jenis ini kerap digunakan dalam sebuah industri khususnya stasiun pengisian bahan bakar.  Untuk tipe dan harga cukup beragam dan bisa Anda tentukan sesuai kebutuhan dan budget.